adsense link 728px X 15px

Sunday, April 25, 2010, 

Sedikit penjelasan, Text area adalah area atau tempat untuk menyimpan text atau kode dengan membentuk area baru. Fungsinya agar text atau kode dalam text area tersebut bisa di copy oleh para pengunjung. Salah satu contoh yaitu dalam pembuatan kode HTML tukar link. Jadi pengunjung tidak perlu menulis kode HTML link kita, mereka cukup meng-copy saja kode yang telah kita sediakan dalam text area lalu paste di

blog mereka masing-masing.

     Berikut ini kode untuk membuat text area.

<p align="center"><textarea name="code" rows="3" cols="20">Silakan letakkan text atau kode anda di sini.</textarea></p>


Hasilnya seperti ini.




     Silakan anda copy saja kodenya dari sini.




Keterangan:
&#x2022 "rows="3"" adalah pengaturan untuk tinggi text area. Angka 3 pada rows bisa anda ganti sesuai tinggi text area yang anda inginkan.
&#x2022 "cols="20"" adalah pengaturan untuk lebar text area. Angka 20 pada cols bisa anda ganti sesuai lebar text area yang anda inginkan.

     Ada lagi versi text area yang lain, yaitu text area yang menggunakan tombol highlight. Dengan adanya tombol tersebut maka kegiatan copy text dalam text area akan bertambah mudah. Jika ada seorang pengunjung klik tombol highlight yang berada diatas text area. Maka secara otomatis text dalam text area akan di highlight selanjutnya pengunjung tinggal copy saja. Langsung saja, untuk membuat text area yang menggunakan highlight kodenya seperti berikut.

<div><form name="copy"> <div align="center"> <input onclick="javascript:this();this.form.txt.select();" type="button" value="Highlight All" ></div><p align="center"> <textarea style="width:250px; height:80px; name="txt" rows="100" wrap="VIRTUAL" cols="55">Silakan letakkan text atau kode anda di sini.</textarea></p></form></div>


Hasilnya seperti di bawah ini.






     Untuk memudahkan anda, silakan copy kode tersebut di bawah ini.




Keterangan:
&#x2022 "<div align="center"> adalah pengaturan letak tombol Highlight. Anda bisa menggantinya dengan "left" agar tombol tersebut berada di sebelah kiri dan "right" untuk sebelah kanan.
&#x2022 "<input onclick="javascript:this();this.form.txt.select();" kode ini merupakan perintah jika tombol highlight tersebut di klik.
&#x2022 "value="Highlight All"" text Highlight all pada kode ini adalah text yang ada pada tombol highlight. Anda bisa ganti dengan text yang lain.
&#x2022 "<p align="center">" kode ini adalah pengaturan letak dari kolom text area. Silakan ganti "left" jika anda menginginkan tombol itu berada di sebelah kiri, atau "right" untuk sebelah kanan.
&#x2022 "<textarea style="width:250px;" kode ini merupakan pengaturan lebar dari text area. Anda bisa ganti angka 250 sesuai dengan lebar yang anda inginkan.
&#x2022 "height:80px;" kode ini merupakan pengaturan tinggi dari text area. Angka 80 bisa anda ganti sesuai dengan tinggi yang anda inginkan.

haduh capek juga ne jari, met nyoba aja deh...







0 Comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

It's Me

My Photo
Masda
Seorang blogger "KOTA GADIS" yang selalu penasaran dengan sesuatu hal yang baru. Belajar, belajar, dan terus belajar serta berusaha untuk menerapkannya. Karena menurut saya "Ilmu itu untuk diterapkan bukan untuk dipelajari".

Facebook Twitter
View my complete profile

Exchange Link

MasdaZine

Followers